Senin, 06 Mei 2013

Kunci Jawaban Soal Tes Formatif 3


Nama : M. Senna
Kelas : X TKJ 2
1.Bagaimana cara mengatahui urutan kabel pita pada floppy maupun hard disk?
2. Bagaimana cara memasang prosesor pada motherboard.
3. Apa beda mode auto dan manual pada setting BIOS?
4. Bagaimana cara menyeting BIOS, supaya PC dapat bekerja dengan optimal.
5. Apa fungsi program driver pada peripheral ?
6. Bagaimana cara memasang dan menginstalasi modem pada PC.
7. Jika suatu printer terpasang pada PC tetapi program drivernya tidak terinstalasi. Apakah printer tersebut sudah dapat dipakai ? Mengapa?
8. Bagaimana cara memeriksa hasil perakitan suatu PC dan peripheral? Jelaskan !
9. Bagaimana cara memeriksa kapasitas hard disk yang terpasang pada PC?
10. Bagaimana cara memeriksa kapasitas RAM yang terpasang pada PC.

JAWABAN
1. Dengan melihat warna kabel pada bagian tepi. Kabel nomor 1 adalah kabel yang berwarna merah atau biru, kabel berikutnya bernomor berikutnya (2-34 untuk floppy dan 2-40 untuk hard disk).
2. Pasanglah processor pada tempatnya (soket-nya) perhatikan tanda pada processor harus ditempatkan sesuai dengan tanda yang ada pada soket tersebut (tidak boleh terbalik). Kuncilah tangkai pengunci yang biasanya terdapat disisi soket processor. Perhatikan kode titik atau sisi processor dengan bentuk miring merupakan petunjuk agar bagian processor itu dipasang pada bagian slot yang memiliki tanda sama.
3. Mode auto BIOS akan membaca setting secara otomatis sesuai dengan kondisi komponen dan peripheral yang terpasang. Sedangkan mode manual setting harus diisi oleh pengguna sesuai dengan spesifikasi komponen atau peralatan yang terpasang.
4. Pengesetan setting pada BIOS diisi secara manual sesuai dengan spesifikasi komponen dan peralaan yang terpasang. Bagian setting peralatan yang tidak ada disetting disable atau none. Dengan demikian kerja komputer akan lebih cepat.
5. Program driver berfungsi untuk mengemudikan/mengatur jalannya suatu peripheral agar bekerja sesuai dengan fungsinya.
6. Teknik pemasangannya sama seperti kartu – kartu lain pada umumnya. Sedangkan modem external adalah yang dapat dipasang dan dilepas sewaktu – waktu. Karena pemasangan modem hanya tinggal menancapkan konektor yang telah disediakan seperti USB atau Serial Port. Langkah penyetingan dan instalasi setiap peripheral pada umumnya telah diberikan pada buku manual referennya atau file help atau readme pada disket/CD driver yang dibawakannya.
7. Tidak dapat, sebab tidak ada program yang menggerakkannya.
8. Kencang tidaknya pemasangan komponen atau peripheral. Periksa apakah skrup telah terpasang dengan sempurna. Urutan kabel, urutan kabel dapat di cek terlebih dahulu dengan menyocokan pin no1 pada kabel dengan pin 1 dengan konektor. Untuk model kabel sekarang,kemungkinan,terbalik,sangat,kecil.
Urutan kaki komponen, dalam hal ini prosesor dan RAM. Dengan melihat manual guide dari setiap komponen kesalahan dalam memasang komponen dapat dihindari.
Untuk prosesor dan RAM saat ini kemungkinan salah sangat kecil, karena bentuk fisik yang tidak memungkinkan komponen terpasang salah.
9. Lihat keterangan harddisk pada fisik harddisk.
10. Dapat dilihat dari System Computer.

0 komentar:

Posting Komentar