Rabu, 08 Mei 2013

Kunci Jawaban Soal Tes Formatif 4



1.Sebutkan langkah-langkah atau prosedur perawatan komponen PC berikut ini : Hard disk, CPU, Memory, Expansion Card, Power supply
2. Korosi yang terjadi pada PC akan mengganggu kerja peralatan tersebut. Bagaimana prosedur perawatan yang perlu dilakukan untuk menghindarkan korosi.
3. Jelaskan fungsi masing-masing software berikut :
a) Device Manager
b) Bios
c) Direct X
d) Disk Defragmenter
e) Scan Disk
f) Free RAM XP pro 1.40
4. Tindakan korektif apa yang perlu dilakukan untuk menjaga agar PC tetap dapat berfungsi dengan baik.
5. Jelaskan jenis-jenis software utilitas yang digunakan untuk mengecek kondisi PC.
6. Apa penyebab umum kasus-kasus kerusakan pada periferal.
7. Untuk membersihkan debu pada keyboard atau periferal yang lain, umumnya digunakan apa 8. Untuk membersihkan cairan atau noda yang sudah mengering pada periferal, umumnya digunakan apa ?
9. Kalau mouse yang masih menggunakan bola kotor kena debu, bagian apa yang perlu dibersihkan.
10. Sebutkan langkah-langkah atau prosedur perawatan periferal berikut ini :
a) Keyboard
b) Monitor
c) Mouse
d) Printer

JAWABAN
1.       -      Lakukan perawatan rutin. Debu adalah pembunuh kumulatif yang tidak kelihatan. Debu ini menyumbat dan memperlambat pendinginan, debu menyelimuti motherboard, kartu video dan komponen lainnya sehingga pendinginan tidak berfungsi. Setiap beberapa bulan, bersihkan casing dan motherboard dll dalam komputer anda.
-          Pertimbangkan upgrade power supply Anda. Sebuah catu daya tradisional akan memiliki jalinan kawat-yang sebagian besar tidak pernah digunakan. Hal ini membatasi aliran udara yang dapat menyebabkan overheating. Selain itu Power supply yang kurang bagus pendinginannya juga kurang bagus.
-          Mengevaluasi pengaturan hard drive Anda. Beberapa kasus PC memungkinkan Anda menyusun hard drive langsung di atas satu sama lain. Hard drive menghasilkan banyak panas. Jika Anda memiliki beberapa hard drive, sebaiknya ruang mereka terpisah atau setidaknya jaraknya berjauhan, agar memungkinkan untuk sirkulasi lebih baik. Selain itu, jika Anda memiliki drive IDE yang lebih tua, gantilah dengan drive SATA yang menggunakan kabel interface tipis dibandingkan dengan kabel IDE yang lebih luas. Bahkan lebih baik, pada saat Anda mengganti hard drive, ganti dengan Solid State Drive Hard.
2.       1. Pastikan PC dalam keadaan Mati tidak ada listrik yang tersambung kepower Supply.
2. Buka Lah Cassing dengan peralatan yang telah disediakan.
3. Lakukan pembersihan pada bagaian periferal dalam PC tersebut ( CPU) dengan menggunakan kuas yang halus dengan cara hati-hati pada bagaian dimana yang terdapat kotoran-kotororan yang dapat mengakibatkan korosi. Pastikan Kabel Power Terlepas
4. Lepaslah bagain periferal yang banyak habuknya untuk dibersihkan diluar bila tidak memungkinkan untuk dibersihkan secara langsung ( seperti Kipas , pendingin prosessor, VGA Card, Hard Disk dan sound Card Powersupplay)
5. Periksa bagian-bagin kabel Hard disk, cabel diskd Drive, cabel CD Rom, Memori, bila kotor ambil dan bersihkan satu persatu dengan kuas halus atau vacum cleaner yang sudah dipersiapkan. Agar terhindar dari korosi Bersihkan bagian yang kotor Lepaslah Bagian yang sulit dibersihkan , untuk diberihkan diluar Periksa Kabel IDE
6. Setelah selesai dibersihkan dan pasang kembali sesuai dengan tempatnya masing masing. (dalam hal ini harus hati-hati jangan sampai terbalik dalam pemasangannya)
7. Periksa dan periksa kembali pemasangan periferal tersebut jangan sampai terjadi kekeliruan.
8. Setelah semua peralatan dibersihkan dan terpasang kembali cobalah nyalakan PC tersebut apakah PC dapat berjalan dengan normal.
9. Jangan melakukan perawatan pada PC, bila PC dalam keadaan menyala atau sedang aktif karena akan mengakibatkan kerusakan pada bagain periferal tertentu.
10. Kalau PC dapat berjalan dengan normal, matikan PC tersebut dan tutup kembali kesing.
3. - Device Manager  melakukan pengecekan seluruh perangkat yg terhubung pd computer secara keseluruhan.selain itu,bias juga digunakan utk mendisable atau meng-enebelkan hardware yg akan atau sudah terpasang.
- Basic Input Output System atau sering disebut BIOS merupakan firmware. BIOS digunakan untuk mengatur komponen PC secara software atau dengan kata lain disebut dengan istilah jumper less.
- DirectX berfungsi utk mempermanis tampilan dan kualitas gambar supaya terlihat lebih nyata terutama pd game kelas berat supaya tampil lebih nyata.
- Disk Defragment sangat berguna bagi kesehatan hardisk Anda pada komputer Disk defragmenter adalah suatu program yang berinduk dari sistem operasi (OS) yang digunakan untuk menata ulang file dan folder Anda yang ada didalam komputer, jika Anda buka file apapun itu maka secara otomatis windows akan bekerja atau mengambil ruang secara otomatis dalam penempatan space atau jeda partisi dalam hardisk. Sederhanannya seperti ini, jika dilihat dari tata letak file dan folder kita dari  windows explorer pasti terlihat sangat rapi dan tidak ada yang berantakan. Tetapi sebenarnya didalam hardisk Anda tidak seperti itu, file yang Anda buka akan secara otomatis berpindah posisi dari posisi awal dan begitu seterusnya jika Anda membuka file-file yang baru lagi
- Scan Disk Fungsinya untuk memperbaiki file-file rosak didalam komputer ataupun disket "A"
- FreeRAM XP pro secara otomatis mengatur sendiri untuk mengoptimalkan RAM di latar belakang
4. Dengan     mengenali    pesan    kesalahan    yang   muncul.
5. Tune Up Utilities dan Advence Care System
6. Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard adalah tidak dikenalnya keyboard oleh komputer. Pada saat proses booting, tiba-tiba komputer macet dan muncul pesan kesalahan “Keyboard error or no keyboard present”. Pesan tersebut diartikan bahwa pada saat proses booting, komputer tidak mendeteksi adanya keyboard.
7. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pembersihan pada keyboard. Keyboard dapat dibersihkan dengan menyedot atau menyemprotnya dengan vacuum cleaner atau dapat memakai kuas. Dan juga dapat dibersihkan dengan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersih atau alkohol. Ingat bahwa proses pembersihan harus dilakukan pada saat komputer mati dan keyboard dilepas dari portnya.
 
8. Alcohol, Thinner atau Minyak kayu putih
9. Trackballnya
10.
a) Keyboard
Prosedur membersihkan keyboard dari kotoran cair:
• Gunakan lap kering atau tisu untuk membersihkan kotoran cair.
• Bersihkan bagian tombol keyboard secara perlahan
Prosedur Membersihkan keyboard dari debu dan kotoran:
Gunakan kuas kecil atau vacuum cleaner dengan ujung sikat yang kecil dan sempit.
Sehingga debu atau kotoran dapat mudah tersedot.

b) Mouse
Prosedur membersihkan mouse dari debu :
• Gunakan lap dan cairan pembersih kotoran atau debu yang menempel pada bola maupun poros pada mouse.
• Bersihkan secara perlahan bola dan roda mouse secara perlahan

c) Monitor
Prosedur membersihkan monitor :
• Gunakan kuas kecil atau vacum cleaner dengan ujung sikat kecil untuk membersihkan debu.
• Untuk membersihkan monitor dari kotoran cair yang menempel pada layar, gunakan cairan pembersih kemudian dilap dengan kain kering. Terutama pada bagian sudut dari layar.

d) Printer
Prosedur perawatan printer :
• Gunakan kain lembab untuk membersihkan printer. Jangan menggunakan cairan yang mudah terbakar seperti alkohol, bensin atau thinner. Bila cairan yang mudah terbakar berhubungan dengan komponen elektrik di dalam printer maka dapat mengakibatkan kebakaran atau hubung singkat. Selalu lepaskan printer dari stop kontak pada saat printer dibersihkan.
• Jangan meletakkan printer di tempat yang tidak stabil atau mudah terkena getaran atau
goncangan. Printer dapat terjatuh dan mengalami kerusakan.
• Jangan meletakkan printer di tempat yang lembab atau berdebu, yang langsung terkena
matahari atau dekat dengan sumber panas atau api.

0 komentar:

Posting Komentar